Rabu, 16 Januari 2013

Penganugerahan Hari Koperasi  Pegiat di Bali Berkomitmen Berdayakan Masyarakat
Jakarta (Bisnis Bali) - Sejumlah pejabat, tokoh, dan pegiat koperasi di Bali memperoleh penghargaan yang diserahkan pada puncak peringatan Hari Koperasi ke-64 di Istora Senayan, Jakarta , Selasa (12/7) lalu. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono langsung menyerahkan penghargaan tersebut.
Presiden Yudhoyono mengucapkan selamat atas penghargaan tersebut. Ia berharap para penerima penghargaan bisa meningkatkan kinerja, khususnya dalam mengembangkan koperasi di Indonesia .
Para penerima anugerah menyatakan komitmennya untuk memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat di Bali melalui koperasi. Sejumlah tokoh yang mendapat penghargaan antara lain Wali Kota Denpasar IB Rai D. Mantra (Penghargaan Satya Lencana Pembangunan), Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Penghargaan Satya Lencana Wira Karya Bidang Koperasi), Ketua Koperasi Krama Bali (KKB) Satria Naradha (Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM).
Peraih penghargaan lainnya yaitu Ketua KSP Tridharma Artha I Komang Koheri (Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM), Ketua Dewan Koperasi Wilayah Bali I Dewa Badera (Penghargaan Satya Lencana Wira Karya Bidang Koperasi).
Pemerintah juga memberi penghargaan kepada koperasi yang dinilai berprestasi antara lain KUD Surya Mertha, Jembrana yang diterima I Made Sudiana, Koperasi Warga Semen Gresik yang diterima I Ketut Arsha dan sejumlah koperasi berprestasi lainnya.
Selain itu, pemerintah juga memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada 10 pihak yang dinilai layak mendapatkan bantuan.
Salah satu penerima KUR adalah pengusaha warabala asal Bali yang sukses mengembangkan usaha burgernya di Jakarta , Made Ngurah Bagiana. Pengusaha burger yang menggunakan merek Edam itu memperoleh kucuran kredit senilai Rp 900 juta dari Kementerian Koperasi dan UKM.
Wali Kota Denpasar IB Rai D. Mantra mengatakan, penghargaan yang diberikan merupakan buah dari komitmen Pemkot Denpasar untuk memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat melalui wadah koperasi. ''Penghargaan ini karena kami memiliki Manggala Karya Bhakti Gerakan Koperasi,'' kata Rai Mantra.
Koperasi yang mulai digalakkan sejak 2007 di wilayahnya itu kini sudah berkembang pesat. Sebanyak 870 anggota tergabung dalam koperasi yang dikelola Pemkot Denpasar ini dan 60 persen di antaranya dalam kondisi berjalan baik.
Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan, koperasi yang dibina pemerintahannya berjumlah 1.000 unit. Dari jumlah itu 96 persennya dalam kondisi sehat. ''Hal yang menonjol dari gerakan koperasi yang kami lakukan adalah kredit tanpa agunan,'' ujarnya.
Tiap tahun, pihaknya mengucurkan dana untuk anggota minimal Rp 2,5 milyar. Dari jumlah itu, Rp 500 juta diambil dari dana APBD, dan Rp 2 milyar diambil dari bank-bank pendamping. ''Kami menggalang koperasi ini sejak 2009 dan kami bekerja sama dengan bank,'' kata Tjok Ace.
I Komang Koheri mengatakan, KSP Tridharma Artha yang dibinanya sejak enam tahun lalu itu kini berkembang di wilayah Lampung. Meski berada di luar Bali , anggota DPRD Lampung ini menegaskan komitmennya untuk menyejahterakan masyarakat Bali di Propinsi Lampung melalui koperasi yang dibinanya.
Komang Koheri yang mengaku lahir dan besar di Lampung menjelaskan, koperasinya kini telah berkembang dengan jumlah anggota 2 ribu orang. Anggota koperasinya bukan hanya berasal dari komunitas warga Bali di Lampung, tetapi juga masyarakat umum di sekitarnya. Kini koperasinya memiliki aset Rp 20 milyar. *kmb

Penerima Penghargaan dari Bali
•  Satya Lancana Pembangunan:
Ida Bagus Rai Dharmawijaya (Wali Kota Denpasar).
•  Satyalacana Wirakrama: Dr. I Dewa Nyoman Badera, S.E. M.Si. (Dekopin Propinsi Bali ).
•  Bakti Koperasi :
1. H. Sutrisna, S.H. (Kopti Makmur Denpasar).
2. Drs. I Dewa Putu Suwija (Dana Rahayu Denpasar).
3. Drs. I Nyoman Suyastra (KSP Guna Primadana).
4. I Made Suderisma, S.E. (KUD Payangan).
5. Drs. ABG Satria Naradha (KKB dan Pimpinan Bali Post).
6. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, S.E. (Bupati Gianyar).
7. Drs. Putu Bagiada, M.M. (Bupati Buleleng).

PENGHARGAAN - Wali Kota Denpasar I.B. Rai D. Mantra (tengah), Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (kiri) dan Ketua KKB Satria Naradha usai menerima penghargaan bidang perkoperasian yang diserahkan Presiden Yudhoyono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar