Minggu, 10 Maret 2013



KKB Unit Simpan Pinjam Denpasar Gelar Pra RAT

Denpasar (Bisnis Bali) - Koperasi (KSU) Krama Bali Unit Simpan Pinjam Denpasar menggelar pra rapat anggota tahunan (RAT), Jumat (8/3) kemarin. Pra RAT ini dihadiri anggota koperasi, pengurus KKB, Pengurus Unit Simpan Pinjam Denpasar dan pejabat Dinas Koperasi dan UKM Denpasar.

Dalam usia yang menginjak 8 tahun, KKB unit Simpan Pinjam Denpasar mengalami perkembangan yang cukup membanggakan. Hingga akhir tahun 2012, jumlah anggota koperasi mencapai 3.499 orang dengan rincian 2.356 orang di wilayah Denpasar Barat dan Utara serta 1.143 orang di wilayah Denpasar Timur dan Selatan.

"Mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan KKB unit simpan pinjam Denpasar bisa menggerakkan ekonomi dan mengurangi pengangguran khususnya di Kota Denpasar," harap Manajer KKB Unit Simpan Pinjam Denpasar Gede Dana Pramitha, S.E., M.M.

Menurutnya, KKB Unit Simpan Pinjam Denpasar memiliki usaha yakni mini market, apotek, jasa outsourching customer service, cleaning service, dan operator cetak. Kegiatan lainnya adalah KKB unit Simpan Pinjam Denpasar secara rutin menggelar pasar murah yang selalu dipadati masyarakat.

Kegiatan pelatihan manajemen sektor informal seperti kursus singkat membuat aneka masakan tepung kobe, jamur tiram, pizza, Chinese food, tukang cukur, temu usaha dan bisnis, serta seminar manajemen dan perkoperasian yang bekerja sama dengan pihak terkait juga digelar secara berkala.

Sementara terkait usaha simpan pinjam yang dikembangkan unit pelayanan Denpasar, kata Dana, berkembang cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasnya anggota koperasi untuk ikut berpartisipasi dalam hal membantu permodalan koperasi, baik melalui simpanan wajib anggota maupun simpanan sukarela.

"Anggota juga aktif dalam pemanfaatan jasa pinjaman yang bersifat produktif atau usaha kecil serta yang bersifat konsumtif atau pembelian kebutuhan rumah tangga," terangnya.

Produk kredit cukup diminati karena menawarkan bunga yang sangat kompetitif Dibanding tahun 2011, penyaluran kredit di tahun 2012 mengalami kenaikan 4% dengan kredit yang disalurkan sebesar Rp 1.452.915.778.

Bidang permodalan yang bersumber dari modal sendiri dan dana simpanan anggota juga meningkat 3% sebesar Rp 7.985.796.498. Sementara sisa hasil usaha tahun 2012 mencapai Rp 24.315.264,72.

Untuk lebih meningkatkan partisipasi anggota dalam memanfaatkan usaha yang dikembangkan koperasi, Unit Simpan Pinjam kini membuka jasa pelayanan loket pembayaran listrik/ PLN, Telkom, dan PDAM secara online yang bekerja sama dengan Bank Bukopin Cabang Denpasar.

Di akhir acara dibagikan hadiah seperti handphone, DVD dan sepeda lipat untuk para anggota yang berbelanja barang-barang sembako minimal Rp 50 ribu di mini market KKB.

1 komentar: